24 Oct 2015

Daftar Lengkap 5 Mitos Makhluk Legenda dan Misterius Asli dari Indonesia


5 Mitos Makhluk Legenda dan Misterius Asli dari Indonesia  - Indonesia terkenal dengan keragaman mitos nya, mungkin mitos Indonesia ini tidak dapat dihitung lagi, karna banyaknya mitos yang berada di Indonesia. Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan mitos? Mitos adalah cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi. Asal mula mitos menurut Euhemerisme (penafsiran historis), suatu teori menyatakan bahwa mitos adalah catatan peristiwa bersejarah yang dilebih-lebihkan. Asal mula mitos menurut Alegori, Beberapa teori menyatakan bahwa mitos dimulai sebagai suatu alegori. Menurut suatu teori, mitos-mitos bermunculan sebagai alegori tentang fenomena alam, seperti Apollo melambangkan Matahari, Poseidon melambangkan Lautan, dan sebagainya.

Berikut ini saya akan membahas tentang 5 Mitos Makhluk Legenda dan Misterius Asli dari Indonesia  antara lain sebagai berikut.

1. Mitos Orang Bati
Orang Bati
Menurut legenda masyarakat setempat di Pulau Seram, Ambon. Hidup sesosok makhluk misterius yang tinggal di gunung wilayah Kairatu. Ciri-cirinya, tubuh seperti manusia, bersayap, dan suka menculik anak kecil pada waktu malam hari untuk di santapnya. Makhluk itu disebut bernama Orang Bati.

Kisah Orang Bati mendapatkan perhatian oleh dunia Internasional. Setelah seorang bernama Karl Shuker menuangkan kisahnya dalam buku yang berjudul "Is batman alive and well and living on the island of seram?". Sejak abad ke-15 , para penduduk melaporkan adanya makhluk misterius yang hidup di gua-gua gunung berapi non aktif di kairatu. Menurut deskripsi para penduduk, Orang Bati memiliki tinggi sekitar 1.6 meter. Bersayap hitam, berkulit merah dan memiliki ekor kecil yang panjang.

2. Mitos Naga Besukih atau Basuki

Naga besukih
Naga Besukih/Basuki adalah seekor naga atau ular sakti yang tinggal di lereng Gunung Agung yang muncul dalam kepercayaan Agama Hindu dan Buddha. Naga Besukih memiliki ciri-ciri seperti mempunyai sisik emas di sekujur tubuhnya dan sebutir berlian yang berada di ekornya. Dia adalah ular yang dimiliki oleh Dewa Syiwa dan salah satu dari Delapan Naga Raja Agung (Eight Great Naga Kings) dalam mitologi Cina dan Jepang.

Naga Besukih adalah sahabat karib dari Begawan Sidhimantra. Usut punya usut semua kekayaan yang dimiliki oleh Begawan Sidhimantra itu ternyata merupakan pemberian dari Naga Besukih. Naga Besukih digambarkan  seperti ular terkadang ada juga yang menyebutkan manusia ular yang mengenakan mahkota emas dengan hiasan berlian di kepalanya. Dia memiliki saudara perempuan yang bernama Naga Manasa. Naga Besukih muncul dalam mitologi Jepang, India, dan Cina.

3. Mitos Ahool

Ahool
Makhluk misterius yang tinggal di Gunung Salak bernama Ahool. Ahool dikatakan seperti kalelawar raksasa atau pterosaurus. yang masih hidup. Ahool memiliki ciri-ciri yaitu sebesar anak berumur satu tahun dengan lebar sayap 10 kaki (3 meter). Tinggal di hutan hujan Jawa, makhluk ini memiliki kepala seperti monyet atau kera dengan mata besar berwarna hitam. Tubuhnya ditutupi oleh rambut berwarna abu-abu gelap.

Ahool pertama kali dilihat oleh seseorang yang bernama Dr. Ernest Bartels yang pada saat itu sedang menyusuri Gunung Salak. Pada tahun 1925 Dr. Ernest Bartels yang sedang menjelajahi air terjun di lereng Gunung Salak, saat itu Kelelawar Raksa menukik tajam diatas kepalanya. Pada tahun 1927 , sekitar pukul 23.30 wib, ketika Dr. Ernest berbaring ditempat tidurnya dia mendengar suara aneh yang berasal dari atas pondoknya yang berbunyi A Hool. Dan lama-lama semakin keras suaranya. Dr Ernest mengambil obor dan keluar dari pondoknya, kurang lebih 20 detik dia mendengar sekali lagi suara yang berbunyi A Hool. Ternyata itu adalah Kelelawar Raksasa yang di lihatnya pada 2 tahun silam.

4. Mitos Ebu Gogo

Makhluk misterius yang muncul pada mitologi penduduk pulau Flores, Indonesia yang bentuknya mirip dengan leprechaun atu peri. Makhluk ini bernama Ebu Gogo, "Orang Kecil" tersebut dikatakan memiliki tinggi sekitar 1 meter, ditutupi rambut, periuk-berperut, dan dengan telingan menjulur. Ebu Gogo digambarkan sebagai sosok yang berukuran kecil, jahat, rakus, bahkan mereka sanggup melahap bayi manusia. Ebu Gogo digambarkan makhluk yang berjalan agak kikuk dan berbicaranya "berbisik" yang dikatakan sebagai bahasa mereka.

5. Mitos Orang Pendek

Orang Pendek
Makhluk misterius ini yang bernama Orang Pendek, banyak kisah yang mengatakan bahwa Orang Pendek berkeliaran di kawasan hutan Sumatra. Hal ini dibuktikan banyaknya warga setempat yang melihat makhluk misterius Orang Pendek di kawasan gunung dan hutan, perumahan Kerinci Riau, dan perbatasan Taman Kerinci Seblat. Banyak warga sekitar yang melihat dengan ciri-ciri sebagai berikut. Berjalan menggunakan dua kaki, Ukuran badannya sekitar 80-150 cm, telapak kaki yang bipedal, ditutupi rambut yang berwarna grey, tenaganya yang besar karena ada yang pernah melaporkan dapat mengakat log kayu, terlihat kebanyakan di pohon dalam keadaan terbalik.

Sumber: http://ensiklopediasli.blogspot.co.id/2015/05/5-mitos-makhluk-legenda-asli-dari-indonesia.html

Demikianlah artikel saya kali ini tentang 5 Mitos Makhluk Legenda dan Misterius Asli dari Indonesia . Semoga bermanfaat bagi Anda. Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat tolong disukai dan dibagikan ke teman-teman Anda. Sekian dan Terimakasih.

0 komentar

Post a Comment

Peraturan Berkomentar :

-Dilarang berkomentar unsur Negatif
-Dilarang menyertakan sebuah Link Aktif
-Dilarang Spam
-Dilarang membully

Mohon pengertiannya, apabila ada yang melanggar saya selaku admin Blog tidak segan-segan menghapus komentar anda.
Atas perhatiannya , saya ucapkan terimakasih